Oleh: dedy_ant | 24 Agustus 2011

Perbandingan iPad 2 VS Galaxy Tab 10.1


IPad, merupakan gadget fenomenal yang menjadi pilihan banyak orang hingga saat ini. Karena itu tak heran bila banyak vendor berlomba-lomba untuk menghadirkan tablet yang disebut-sebut sebagai pembunuh iPad. Namun nyatanya, semuanya hampir tak bisa diharapkan.

Dari sekian banyak tablet yang beredar, hanya Samsung Galaxy Tab 10.1 lah yang dirasa paling pas untuk disebut sebagai pesaing utama iPad 2. Untuk mengetahui lebih bagus mana iPad 2 dengan Galaxy Tab 10.1 simak perbandingannya:
Desain

Dari desain saja, keduanya memang mirip. Sekilas memang sama saja, tapi saat dipegang, keduanya terasa berbeda. Dalam hal ini, Galaxy Tab 10.1 sedikit lebih ringan (42 gram) dan lebih tipis 0.2mm dibandingkan iPad 2. Tapi selisih 42 gram tentu saja bukan masalah kan?

Nah di body bagian belakang, iPad 2 yang memilih aluminium memang tampak lebih elegan dan mewah. Namun kelemahannya adalah, bagian ini rentan penyok jika terbentur secara tak sengaja.
Layar

Layar iPad 2 dibuat dengan rasio 4:3 dan Galaxy Tab 10.1 berukuran widescreen 16:10 ala sinema. Dari tabel di atas, terlihat jelas bahwa tingkat kepadatan layar yang dimiliki Galaxy Tab 10.1 sedikit lebih unggul dibanding iPad 2.

Galaxy Tab 10.1 menang di sisi ini berkat teknologi terbaru Samsung, PLS (Plane Line Switching) yang memberi perbedaan nyata dalam hal tingkat kecerahan, kontras dan viewing angle. Panel ini juga lebih unggul 10% dalam hal tingkat kecerahan, dibandingkan iPad 2 yang menggunakan panel IPS. Skor 1-0 untuk Galaxy Tab 10.1.
Jelajah situs

Hal yang paling disayangkan dari iPad 2 adalah tidak adanya dukungan untuk Flash. Sehingga jika Anda membuka situs yang diharuskan mendukung Flash player, maka situs tidak akan terbuka maksimal. Namun begitu, saat membuka situs, tampilan situs pada iPad 2 akan terlihat seperti layaknya menggunakan PC.

Berbeda dengan Galaxy Tab 10.1 yang terbaca sebagai mobile browser. Akibatnya, saat browsing menggunakan Galaxy Tab 10.1, Anda akan selalu diarahkan kepada situs versi mobile (jika ada).

Kelemahan Galaxy ini saya anggap sangat aneh. Gadget berukuran layar besar kok malah menampilkan versi mobile? Di bagian ini, tak ada yang menang.
Sistem Operasi

Seperti gadget-gadget sebelumnya, Apple membuat sistem operasi sendiri yang bernama iOS untuk dipasang pada iPad 2 (versi 4). Sedangkan Galaxy Tab 10.1 mempercayakan ‘otak’ nya pada sistem operasi besutan Google, Android Honeycomb yang kabarnya sih memiliki kompatibilitas lebih tinggi dibanding versi sebelumnya.

Di sisi ini, iPad 2 bisa dibilang lebih unggul. iOS memiliki tampilan antarmuka yang simpel, mudah digunakan dan dipahami. Lain halnya dengan Android versi terbaru yang dipasang pada Galaxy Tab 10.1. Tampak terjadi perombakan yang cukup signifikan pada tampilan homescreen.

Suka yang simpel-simpel? iPad 2 unggul kali ini, skor imbang 1-1.
Sinkronisasi

Untuk menghubungkan iPad 2 dengan PC, dibutuhkan software buatan Apple bernama iTunes. Nantinya segala jenis transfer data seperti musik, film, dan aplikasi akan sepenuhnya mengandalkan iTunes. Seperti produk buatan Apple sebelumnya, cara ini terlihat ribet.

Galaxy Tab 10.1 menggunakan software bernama Samsung Kies yang kurang lebih juga memiliki fitur dan fungsi yang sama. Tapi, Galaxy Tab 10.1 juga bisa menggunakan jaringan Wi-Fi untuk berkoneksi dengan PC. Bagaimana jika tak punya software Samsung Kies? Tak masalah, justru disinilah letak keunggulan Galaxy Tab 10.1, yang bisa berfungsi sebagai mode mass storage, untuk transfer data dari dan ke PC.
Kamera
Apple iPad 2 Samsung Galaxy Tab 10.1
Kamera utama: 0.7 MP (960 x 720 pixel) Kamera utama: 3 MP with LED Flash
Kamera sekunder: VGA Kamera sekunder: 2MP
Fitur kamera: Auto focus, Zoom, Geo-Tagging, Video Recording kualitas HD (720p), dan Photobooth. Fitur kamera: Auto focus, Zoom, 4 shooting mode, Timer, EV & WB Settings, Macro, 9 sceen mode, 4 photo effect, Geo-Tagging, dan Video Recording kualitas HD (720p)

Sebenarnya tak ada yang perlu diharapkan dari kedua kamera tablet ini. Karena mereka memang diciptakan bukan untuk mengabadikan suatu momen. Tapi jika dibahas lebih dalam, kamera iPad 2 lebih simpel, minim pengaturan dan terkesan ala kadarnya. Berbeda jauh dengan Galaxy Tab 10.1 yang sudah dilengkapi dengan LED Flash dan fitur yang jauh lebih lengkap.
Kesimpulan

iPad 2 layak dipilih bukan hanya karena gadget itu berlogo Apple tak utuh, namun juga karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Sedangkan Android Honeycomb pada Galaxy Tab 10.1 dinilai lebih rumit. Dilihat dari segi aplikasi pun, aplikasi milik Apple jauh lebih banyak ketimbang Android yang masih seumur jagung.

Jika dilihat dari skor di atas, jelas Galaxy Tab 10.1 lah pemenangnya. Tapi, semuanya kembali kepada Anda. Jadi, pilih yang mana?

source : http://gugling.com

About these ads

Responses

  1. apple sesuai kebutuhan anda..jangan ribet deh….ZZZZzzzzzZZZZzzz….

  2. pilihlah yang terbaru, the new ipad..
    kalo mau nunggu lebih lama dikit, ya Ipad 3.

    samsung? tunggu aja gebrakannya lagi, yg bakal nandingin new ipad.

    ragu2 milih mana? beli aja dua2nya, simpel kan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: